Monday, August 20, 2012

BATIK GRESIK "LOH BANDENG"


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Gresik merupakan kota industri yang memiliki beragam kebudayaan khas daerah, diantaranya adalah Batik khas Kota Gresik. Batik Gresik pertama kali diprakarsai oleh Sanggar Rumpaka Mulya yang terletak di Wringinanom Gresik dengan Anang Syamsul Arifin sebagai penciptanya.
Anang Syamsul Arifin, Pencipta Batik Loh Bandeng Gresik 

Batik Gresik terdiri dari beberapa motif, diantara motif yang terkenal adalah Batik motif Loh Bandeng. Selain itu, masih banyak juga motif lainnya. Motif-motif Batik khas kota Gresik memiliki nilai filosofi dari daerah Gresik. Seperti halnya motif Loh Bandeng atau ikan bandeng yang merupakan ikan khas kota Gresik, karena di Gresik kebanyakan masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani tambak ikan bandeng. Tidak hanya itu juga, bahkan tiap tahun tepatnya 2 hari sebelum hari raya Idul Fitri masyarakat Gresik memiliki budaya khas yaitu mengadakan festifal pasar bandeng. selain motif Loh Bandeng atau ikan bandeng, ada juga motif rusa bawean, motif bakau, dan motif yang lainnya. Keunggulan Batik Gresik ini adalah menggunakan bahan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan.

Ide Dasar Batik Loh Bandeng Gresik
Batik “Loh Bandeng” Gresik adalah design motif yang menggambarkan salah satu produk unggulan daerah kabupaten Gresik.
Gresik menurut Stamford Raffles dalam bukunya “The History of Java” berpendapat bahwa Gresik berasal dari kata “Giri” dan “Gisik” yang berarti tanah di tepi laut (pesisir), kemudian menjadi ”Giri-sik” dan akhirnya berubah menjadi “Gresik” (SEJARAH SINGKAT KOTA GRESIK).
Wilayah pantai Gresik terkenal dengan pelabuhan dan perdagangan sejak zaman dahulu. Daerah pesisir Kabupaten juga merupakan wilayah pertambakan yang menghasilkan ikan bandeng yang dijual mulai dari bibit sampai yang sudah dimasak menjadi produk makanan khas dari Kabupaten Gresik “Othak-othak Bandeng” dan “Jenang Pudhak” sangat pas sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Muatan pesan dalam batik “Loh Bandeng”
1.   Secara eksplisit motif batik “Loh Bandeng” mengandung pesan yang menunjukkan bahwa daerah Kabupaten Gresik mempunyai produk unggulan ikan bandeng.
2. Secara implisit design motif batik “Loh Bandeng” Gresik juga mengandung pesan-pesan dalam tatananya antara lain :
  • Tatanan bentuk ikan yang rapat hampir tanpa celah dimaksudkan agar semangat kebersamaan dan persatuan tetap diajdikan kekuatan utama dalam mencapai tujuan mulia.
  • Keberagaman ukuran bentuk dan warna, serta gerak ikan yang dinamis mengandung pesan agar segala perbedaan dapat dilihat sebagai wujud kebebasan berekspresi dalam berdemokrasi yang melahirkan keindahan, kesempurnaan dalam berbangsa.
  • Wujud ikan tanpa kepala dimaksudkan untuk pesan agar dalam menjaga keutuhan dalam kebersamaan hendaknya tidak memaksakan pandangan dan pemikiran demi kepentingan pribadi saja, tetapi harus juga mengutamakan kepentingan umum dan hak azasi.

Batik Loh Bandeng Tahun 2010 dengan bahan pewarna alami

Pola Batik Loh Bandeng Gresik 1

Pola Batik Loh Bandeng Gresik 2

Pola Batik Loh Bandeng Gresik 3

Batik Loh Bandeng Motif Kepala

Batik Loh Bandeng Gresik

Batik Loh Bandeng Gresik dengan Motif Tepinya

Batik Gresik Motif Rusa Bawean 1

Batik Gresik Motif Rusa Bawean 2

Batik Gresik Motif Rusa Bawean 3

Batik Gresik Motif Rusa Bawean 4

Batik Gresik Motif Rusa Bawean 5

Batik Gresik


Aneka Macam Batik Gresik

Siswa Sedang Belajar Membuat Batik Gresik

Semoga Batik Gresik semakin berkembang dan tetap lestari sebagai salah satu budaya daerah Gresik yang memiliki filosofi dan bermuatan lokal daerah Gresik.

1 comment: