Friday, January 4, 2013

NILAI SIMBOLIS, ESENSI BATIK YANG HARUS DITANAMKAN


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

    Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan memiliki beragam kebudayaan khas yang perlu dikembangkan serta dilestarikan oleh generasi penerus bangsa kita, agar kebudayaan kita tersebut tidak musnah atau diklaim oleh negara lain. Salah satu kebudayaan Indonesia yang cukup berkembang sampai ke negara lain saat ini adalah batik.

Batik merupakan satu karya seni yang diciptakan seseorang melalui proses yang cukup kompleks, yang meliputi pembuatan motif atau desain pola batik yang berupa gambar di atas kain kemudian menutupi motif tersebut dengan canting yang berisi malam atau lilin, lalu proses pewarnaan sampai pada proses akhir yaitu pelepasan lilin.

Berbatik sudah menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja di Indonesia sejak zaman dulu dan turun-temurun sampai sekarang ini. Seiring berkembangnya waktu, kini yang berbatik tidak hanya kaum bangsawan, tetapi semua lapisan masyarakat Indonesia juga banyak yang menggunakan batik. Batik Indonesia memiliki keindahan yang luar biasa dari segi visualnya, baik dari motifnya maupun dari warna-warnanya yang cukup beragam. Selain itu, batik Indonesia juga mengandung filosofi yang dalam atau pesan-pesan dalam batik yang menyimpan berbagai kearifan yang tertuang secara mendalam, mulai dari pembuatan motif dan deformasinya, proses pembuatannya, hingga cara mengapresiasikannya, keunikan, motif khas daerah, serta corak yang dihasilkan dari batik-batik di berbagai daerah di Indonesia merupakan bentuk dari kekayaan budaya khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Batik Indonesia juga secara resmi sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Batik saat ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat. Masyarakat Indonesia mengembangkan batik dengan berbagai macam cara. Batik yang asalnya menggunakan teknik tulis dalam pembuatannya, sekarang mengalami perkembangan dengan munculnya batik-batik baru seperti batik Printing dan batik sablon.

Selain perkembangan pada tekniknya, batik juga mengalami banyak perkembangan pada motif dan warnanya yang beragam. Bahkan yang penulis sayangkan adalah perkembangan motif batik masa kini yang berbau budaya asing atau budaya negara lain, seperti batik motif bola dan batik motif tokoh film kartun luar negeri yang saat ini banyak digemari oleh generasi mada-mudi.

Batik Bola


Hal ini sangat ironis sekali dan tidak disadari oleh mereka karena telah memasukkan unsur budaya asing ke dalam budaya negara Indonesia. Masyarakat Indonesia banyak yang tidak sadar atau tidak mengetahui, bahkan mereka sebenarnya tahu bahwa esensi batik yang sesungguhnya itu tidak hanya dari estetika visualisasinya saja, tetapi juga yang terpenting dari batik adalah nilai simbolis atau filosofinya dan pesan-pesan muatan lokal yang saat ini kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Justru disinilah nilai lebih dan yang menjadi unsur penting batik Indonesia dibandingkan dengan batik negara lain. Nilai simbolis, filosofi, dan muatan pesan-pesan lokal inilah yang harus ditanamkan pada generasi penerus bangsa. Terlebih lagi pada pembuat desain motif batik sebagai penentu utama perkembangan motif-motif batik di Indonesia, mereka tidak boleh sembarangan asal buat motif, dengan tidak memperhatikan nilai simbolis dan pesan-pesan lokalnya, apalagi sampai memasukkan unsur budaya asing ke dalamnya, seperti batik motif bola yang sekarang banyak di pasaran.

Batik saat ini menjadi salah satu ikon utama dalam berbusana. Berbatik memang sangat indah. Banyak sekali yang menggunakan batik sebagai seragam sekolah, seragam kerja, dan sebagai busana sehari-hari. Batik mudah sekali didapatkan oleh semua masyarakat. Apalagi batik saat ini tersedia dalam harga yang bervariasi, sehingga terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, baik lapisan bawah maupun lapisan atas. Tidak jarang kita jumpai toko batik dan butik batik di sekitar kita. Batik yang dijual di toko batik dan butik batik juga sangat bervariatif, mulai dari model, motif, warna, dan harganya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, belanja batik sekarang bisa didapatkan secara praktis. Kita tidak perlu pergi ke toko batik atau butik batik untuk memilih dan membeli batik. Banyak sekali batik online yang menjual berbagai macam batik dengan model, motif, dan harga yang beragam. Misalnya seperti website toko batik online www.berbatik.com yang menjual beranekaragam batik. Kita cukup duduk manis di depan komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet, lalu kita membuka batik online, dan memilih batik yang kita inginkan sesuai selera kita. Setelah itu tinggal konfirmasi dengan penjualnya dan mentransfer uang ke rekening penjualnya. Hingga akhirnya sampailah batik yang kita beli ke rumah kita. Sistem jual beli online semacam ini sekarang banyak diminati masyarakat, apalagi mereka yang kesibukannya cukup tinggi. Cukup lewat batik online kita bisa mendapatkan batik yang kita inginkan. :)



Artikel ini diikutsertakan dalam kontes blog "Aku Berbatik" yang diadakan oleh www.berbatik.com

8 comments:

  1. Betul banget, Jangan sampai batik kita hilang maknanya.

    ReplyDelete
  2. Memang batik bola sekarang lagi ngetrend dan banyak disukai anak muda.. termasuk saya. heheh.. Saya tidak mikir sampe segitu klo ternyata tidak berfilosofi,, :)

    ReplyDelete
  3. Kreasi bolehlah, tapi jangan sampai itu menghilangkan filosofi budaya kita sendiri.

    ReplyDelete
  4. Sungguh dlm banget tulisannya

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sob,, Jazakumullah khairan katsiran.

    ReplyDelete
  6. Di tempat saya skarang jg lagi ramai menggembor-gemborkan batik. banyak sekali muncul desainer-desainer bati yang baru dan pembuat batiknya termasuk saya juga yang lagi belajar. hehehhhhhhhhh.

    ReplyDelete
  7. benar sekali sob, saya juga masih belajar kok.

    ReplyDelete
  8. Baca punya saya juga, yah! ^-^

    http://mrikartayusani.blogspot.com/2013/01/trend-berbatik-bukan-sekedar-warisan.html

    ReplyDelete